Aku Disini

Jumat, 04 Januari 2013

Jangan Begadang Agar Tak Menyesal

Masyarakat kembali dikagetkan oleh peristiwa tabrakan maut yang menelan 2 korban jiwa di tanggal 1 Januari 2013. Tabrakan maut yang terjadi di Jalan Tol Jogorawi ditengarai karena pengemudinya -Muhammad Rasyid Amrullah- mengantuk akibat begadang semalam suntuk bertahunbaruan.
Tabrakan maut ini waktunya hampir sama dengan tabrakan maut yang dialami oleh Afriyani Susanti yaitu selepas shubuh. Hal ini membuktikan bahwa mereka berdua sama-sama dalam posisi mengantuk karena semalam begadang
. Masih banyak kejadian tabrakan maut yang terjadi akibat aktivitas begadang.



Begadang akhir-akhir ini sudah menjadi tradisi masyarakat khususnya muda-mudi. Entah apa yang mereka lakukan. Yang pasti bukan untuk sesuatu yang produktif. Mereka cagungan, berpesta di kafe-kafe, konvoi di jalan-jalan protokol hanya untuk bersenang-senang. Pemandangan ini bisa kita temukan di berbagai kota khususnya ketika masa liburan sekolah, malam minggu, dan malam tahun baru.

Kejadian tabrakan maut yang dialami oleh dua pemuda di atas harus menjadi pelajaran bagi kita khususnya orang tua bahwa aktivitas begadang di malam hari itu hanya membawa dampak buruk bagi pemuda. Tabrakan maut di atas hanya contoh kecil dari dampak buruk begadang. Dampak lain, pemuda-pemudi yang sering begadang malam itu terjangkit seks bebas, narkoba, mabuk-mabukan, balapan liar, dan tawuran.

Apapun alasannya, begadang yang dilakukan pemuda-pemudi saat ini hanya akan membawa penyesalan bagi yang bersangkutan dan juga orang tuanya. Penyesalan bahkan bisa berujung kepada tekanan psikis karena menganggap dirinya mempunyai masa depan suram.

Ayo, para orang tua peduli-lah dengan masa depan generasi muda. Larang-lah anaknya bergadang!

#Tulisan untuk Rubrik Gagasan Jawa Pos yang saya kirim tgl. 3 Januari 2013.

4 komentar:

ANTOK mengatakan...

Hanya hansip yang boleh begadang.
Muda-mudi tidur aja biar sehat.

Chotieb Ahmed mengatakan...

Salam silaturrahim!
Mas Pradana tau blog saya darimana?.
Saya sudah lihat blog njenengan, sepertinya saya butuh belajar banyak sama Mas Pradana.

cahaya mengatakan...

alamat untuk mengirim email ke jawa pos apa??
terimakasih atas perhatiannnya.

wakit mengatakan...

barvo,...... buat para remaja agar waktu luangnya tidak sia-sia : "say no to BERGADANG"
inilah dampak dari bergadang;
1. mempengaruhi suasana hati (mood) dan kinerja misalnya sering mudah marah, malas beraktifitas dst.
2. mempengaruhi kesehatan (misalnya penakit yang muncul dari aktifitas bergadang adalah seperti diabetes dan obesitas. Sistem kardiovaskular dapat mengalami dampak negatif, mengakibatkan tekanan darah tinggi, serangan jantung, gagal jantung dan stroke, menurut Sleepdex,.. Uiiiiiih ngeri tauuuu)
4. menurukan berat badan,,, karena Kurang tidur berdampak negatif terhadap kadar hormon dalam tubuh. Secara khusus, hormon leptin dan ghrelin, yang memainkan peran penting dalam kelaparan dan nafsu makan, dapat menjadi tidak seimbang
Dan yang ke-5. adalah merusak sistem kekebalan tubuh mengapa...? krena kurang tidur, menyebabkan perubahan respon sistem kekebalan tubuh serta peningkatan molekul pro-inflamasi yang dapat merusak tubuh Anda.

Pengikut